Minggu, 05 November 2017

SEJARAH, PENGERTIAN DAN TEKNIK PERMAINAN BOLA VOLI


Prestasi Olahraga Volly Adalah, Prestasi Olahraga Volly Artikel, Prestasi Olahraga Volly Peraturan

Prestasi Olahraga Volly Adalah, Prestasi Olahraga Volly Artikel, Prestasi Olahraga Volly Alat, Prestasi Olahraga Volly Aturan, Prestasi Olahraga Volly Tentang, Prestasi Olahraga Volly Teknik, Prestasi Olahraga Volly Teori, Prestasi Olahraga Volly Pengertian, Prestasi Olahraga Volly Perlengkapan, Prestasi Olahraga Volly Peraturan.

   Mungkin saat kita sekolah sering memainkan cabang olahraga bola voli saat pelajaran penjaskes (pendidikan jasmani dan kesehatan) atau saat pulang sekolah, dimana cabang olahraga ini dimainkan 2 tim yang saling berlawanan yang terdiri dari 6 anggota pemain setiap timnya.

   Olahraga yang dimainkan dengan cara memantulkan bola dari lawan keudara dengan kedua lengan tangan untuk melewati net kedaerah lawan bertujuan agar bola tidak menyentuh tanah kedaerah kita dan berusaha mengembalikan dan menjatuhkan bola di daerah tim lawan.
Sejarah Bola Voli

  Olahraga bola voli pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan seorang instruktur olahraga di Holyoke, Massachusetts, Amerika serikat. Sebelum bernama bola voli atau bahasa internasionalnya Volleyball, ollahraga ini pertama kali bernama Mintonette.

Teknik Bola Voli

Ada bebarapa teknik dasar memainkan olahraga bola voli:

1.    Teknik Service
       Sejarah, Pengertian, Teknik, Permainan, Bola, Voli, Lembaga, Organisasi, Bola, Voli
Tujuan teknik ini untuk bertandanya permaian dimulai atau awal dari permainan bola voli atau ada yang menyebut juga bola penyaji, dengan cara memukul bola dari luar garis lapangan. Ada beberapa cara untuk melakukan teknik service ini, yaitu:
       a.     Service Bawah
       b.    Service Samping
       c.     Service Atas
       d.    Jump service

2.    Teknik Passing
     Setelah melakukan service, selanjutnya bersiap menerima bola pantulan dari lawan dengan passing untuk melakukan strategi pengembalian atau penyerangan bola dari lawan.
Melakukan teknik passing yang akurat dan tepat dapat melancarkan penyerangan ke daerah lawan dengan baik dan mengahasilkan point, ada dua teknik passing:
        a.     Passing Atas
        b.    Passing bawah

3.    Smash
       Smash ialah teknik menyerang dalam permainan bola voli yang dilakukan dengan memukul bola dengan menggunakan kekuatan penuh sambil melompat untuk menyerang daerah lawan yang kosong.

4.    Blocking
      Teknik pertahanan yang dilakukan dengan lompatan tinggi dan bersamaan dengan kedua tangan dalam posisi terangkat tinggi agar bola tidak masuk kedaerah tim kita.

Posisi Pemain Bola Voli

Dalam permainan bola voli ada 4 posisi yang digunakan dalam suatu tim, yaitu spiker, tosser, defender, dan libero. Adapun penjelasannya sebagai berikut:
1.    Posisi Pemain Spiker
       Posisi pemain yang bertugas sebagai pemukul bola agar jatuh di daerah pertahanan tim lawan
2.    Posisi Pemain Tosser
     Posisi pemain yang bertugas sebagai pemberi umpan kepada rekan satu tin dan juga sebagai mengatur ritme jalannya permainan.
3.    Posisi Pemain Defender
       Posisi pemain yang bertugas sebagai penerima serangan dari pemain lawan.
4.    Posisi Pemain Libero
      Posisi pemain yangbebas ntuk keluar masuk pertandingan.tetapi tidak boleh melakukan teknik smash, dan pemain liber hanya boleh melakukan passing atas dan passing bawah.

Lembaga Organisasi Bola Voli


   Olahraga bola voli di dunia dibawah lembaga oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) yang terbentuk pada tahun 1947 yang berkedudukan di Paris, Perancis, di Indonesia olahraga bola voli diatur dibawah lembaga PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) yang terbentuk pada tahun 1954 setelah selesai diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) III.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar