Senin, 06 November 2017

PENGERTIAN OLAHRAGA RENANG

Prestasi Olahraga Renang, Prestasi Olahraga Renang Di Indonesia, Prestasi Olahraga Renang Indonesia, Prestasi Olahraga Renang Adalah, Prestasi Olahraga Renang Air, Prestasi Olahraga Renang Ada Sejak, Prestasi Olahraga Renang Berasal Dari Negara, Prestasi Olahraga Renang Bikin Kurus, Prestasi Olahraga Renang Cabang, Prestasi Olahraga Renang Ada Berapa Gaya

Olahragaku, Pengertian Olahragaku, Olahragaku Renang



Olahraga renang adalah Olahraga yang menitik beratkan penilaian dari kecepatan dan keindahan para atlet renang.

Sejarah Olahraga Renang
Cabang olahraga renang dimulai dari abad 19 di negara Inggris di kota London, dan hanya terdapat 6 kolam berenang pada 1837 di kota London. Pada tahun 1896 Olimpiade Athena Mencantumkan cabang olahraga renang sebagai olahraga modern.
Di Indonesia tepatnya di bandung mulai dibangun kolam renang pada tahun 1904 di Cihampelas dan karena dibentuknya Perserikatan Renang Bandung atau Zwembond dalam bahasa Belanda pada tahun 1917 banyak perenang dari siswa-siswa sekolah di bandung yang dinauinginnya dan Pada tahun 1927 berdiri Oost Java Zwembond di Jawa Timur atau Perserikatan Renang Jawa Timur.
Dua Peloncat indah utusan Hindia Belanda dari negara belanda berhasil mencatak kemenangan pada tahun 1937, yang masing-masing sebagai juara kedua dan pertama  pada nomor papan 3 meter dan menara pada Far Easter Games pada tahun 1934 di Manila.

Gaya Dalam Olahraga Renang
Gaya bebas
Gaya bebas atau yang bisa disebut istilah front crawl/crawl stroke, merupakan gaya dengan kecepatan lebih dibandingkan gaya punggung, kupu-kupu, dan gaya katak. Posisi yang perlu diperhatikan dalam menggunakan gaya bebas:
      1.      Dada menghadap ke dasar kolam renang.
      2.      Kepala menghadap ke dasar kolam renang.
      3.      Untuk mengambil nafas kepala diarakan ke samping.
      4.      Kedua kaki digerakan secara naik dan turun dan cara bergantian.
      5.      Badan para perenang gaya bebas sejajar dengan permukaan air.

Gaya Dada
Gaya dada atau yang sering disebut gaya katak adalah gaya yang paling populer dilakukan dan paling mudah dilakukan, karena gaya ini gaya santai seperti katak yang berenang. Posisi yang perlu diperhatikan dalam menggunakan gaya bebas:
      1.      Kedua tangan lurus kedepan dan jari-jari rapat dan tarik kedua tangan kearah samping seperti membelah air, lalu pertemukan kedua telapak tangan dan dorong ke depan.
      2.      Kedua kaki diluruskan kebelakang dan tekuk kaki dan tarik ke arah samping dan dorong dengan membuka kaki persis seperti kaki katak saat berenang
 Gaya punggung
Gaya punggung ialah gaya berenang dengan posisi menghadap ke permukaan air dan posisi wajah berada diatas air sehingga memudahkan mengambil nafas. Teknik gaya punggung sama seperti gaya bebas namun hanya posisinya yang terlentang menghadap.
Manfaat berolahraga berenang
      1.      Mempercepat pembentukan otot
      2.      Meningkatkan kemampuan fungsi paru-paru dan jantung
      3.      Dapat mempercepat tinggi badan
      4.      Baik untuk pernafasan
      5.      Lebih banyak Membakar kalor
      6.      Dapat menghilangkan stres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar