Senin, 06 November 2017

SEJARAH DAN PENGERTIAN TENIS MEJA

Prestasi Olahraga Tenis Meja Atau Pingpong, Prestasi Olahraga Tenis Meja Atlet,Prestasi Olahraga Tenis Meja Aturan, Prestasi Olahraga Tenis Meja Berasal Dari Negara, Prestasi Olahraga Tenis Meja Dan Penjelasannya, Prestasi Olahraga Tenis Meja Indonesia, Prestasi Olahraga Tenis Meja Merupakan Permainan, Prestasi Olahraga Tenis Meja Populer Pada Tahun, Prestasi Olahraga Tenis Meja Sejarah, Prestasi Olahraga Tenis Meja Teknik



Olahragaku, Pengertian Olahragaku, Olahragaku Bulutangkis



Tenis meja disebut sebagai bola pingpong yang merupakan olahraga dengan menggunakan raket yang dapat dimainkan dengan cara perorangan (tunggal) atau beregu (ganda). Permainan tenis meja dimulai pada sekitar tahun 1880 di Inggris. Saat pertama kalinya pertandingan tenis meja dilaksanakan pertandingan saat Olimpiade Seoul tahun 1988. Secara bertahap perkembangan permainan tenis meja ini menjadi sumber inspirasi bagi “PONG”, salah satu video game terkenal yang dirilis pada tahun 1972. Ditahun 1970-an, para pemain tenis meja Amerika Serikat diundang untuk turut berpartisipasi dalam sebuah turnamen di Tiongkok.

1.          Bola
Untuk peraturan pada tenis meja atau olahraga ping pong, bola yang digunakan tidak boleh menggunakan bola yang sembarangan melainkan, terdapat ukuran tertentu yang sudah ditetapkan untuk digunakan pada pemainnya. Bola yang digunakan pada permainan tenis meja wajib berbentuk bulat dengan diameternya adalah 40 mm. Bobot bola pun sudah diatur untuk keseimbangan dan kemaksimalan dalam permainan, yaitu sebesar 2,7 gram. Untuk bahan bolanya, bahan bola harus terbuat dari selulosa atau sejenis dari bahan plastik di mana warna bahannya juga oranye atau putih. Bola tenis meja pun tak mengkilap dan ini perlu diketahui betul oleh para pemainnya.

2.          Net
Pada net tenis meja, pada setiap perangkat sangat diharuskan untuk tepat di mana juga dibutuhkan net dengan kedua tiang penyangga serta perpanjangannya, tidak terkecuali kedua penjepit yang biasa melekat pada meja.Tali ini berfungsi untuk melekat pada kedua sisi tiang dengan tinggi 15,25 cm, net barulah bisa berdiri dengan baik. Pada setiap sisi akhir lebar meja batas perpanjangan kedua tiangnya selalu 15,25 cm.
Secara keseluruhan ketinggian sisi pada bagian atas net tidak boleh terpasang sembarangan karena juga harus 15,25 cm pada permukaan meja. Pada bagian dasar net dengan sepanjang lebar meja harus rapat dan atau melekat terhadap permukaan tenis mejanya. Dan tidak lupa juga bahwa perpanjangan ujung net dapat dilekatkan bersama dengan tiang penyangga.

3.          Meja
Pada meja yang digunakan untuk bermain tenis mej harus yang bentuknya segi empat dengan panjang mejanya adalah 2,74 meter dengan lebar mejanya 1,525 meter. Bentuk meja pun harus datar dengan ketinggian meja 76 cm dari atas permukaan lantai. Sedangkan pada bagian permukaan meja, perlu diingat bahwa ini tidak termasuk pada sisi permukaan.
Tidak ada permasalahan dalam untuk permukaan meja, hanya perlu mampu menghasilkan pantulan bola sebesar 23 cm dari bola yang pemain jatuhkan dari ketinggian 30 cm. Warna pada keseluruhan meja harus berwarna gelap dan pudar dengan bergaris putih dengan dengan lebarnya sebesar 2cm pada setiap sisi panjang meja 2,7 cm dam lebar meja 1,525 cm.


Perlu juga diketahui juga bahwa terdapat pada permukaan meja terbagi menjadi 2 bagian di mana pada kedua bagian harus secara vertikal oleh net paralel beserta garis akhir setelah itu dengan lebar pada setiap permukaan masing-masing pada bagian meja. Pada saat bermain ganda atau bermain secara beregu, harus terdapat dua bagian pada setiap bagian mejanya yang sama dan ada garis tengah warna putih dengan ukuran 3 mm di mana anggapannya terbagi menjadi 2 bagian kanan dan kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar